DETEKSI PENYAKIT LEWAT KONDISI TANGAN

Tubuh sering memberi petunjuk visual terkait kondisi kesehatan. Selain lewat mata, lidah, urin, dan kulit, Anda bisa mendeteksi gangguan kesehatan dengan memperhatikan perubahan kondisi tangan.

Perubahan kecil yang terjadi pada telapak tangan, kuku, dan jemari bisa memberi petunjuk adanya gangguan kesehatan yang mungkin tak Anda duga. Kenali perubahan mendasar yang perlu Anda waspadai, seperti dikutip Times of India.


  • Telapak tangan berkeringat
Ini juga mungkin wajar terjadi ketika Anda dalam kondisi cemas atau gugup. Namun, bila ini muncul setiap waktu tanpa sebab jelas dan sulit terkontrol bisa jadi Anda mengalami gangguan kelenjar tiroid atau jantung.

Munculnya keringat yang tak terkontrol di telapak tangan itu bisa jadi akibat kelenjar tiroid yang terlalu aktif sehingga menyebabkan peningkatan metabolisme tubuh. Membuat tubuh membakar kalori berlebihan yang memicu peningkatan suhu tubuh dan keringat tak terkontrol di bagian tubuh tertentu.


  • Telapak tangan memerah
Kondisi telapak tangan yang memerah bisa menjadi pertanda adanya gangguan hati. Ini mungkin terjadi akibat pelebaran pembuluh darah sebagai respons ketidakseimbangan hormon yang dipicu kerusakan hati.

Perubahan warna telapak itu biasanya muncul di sekitar pergelangan tangan dari pangkal ibu jari dan kelingking. Selain gangguan hati, kondisi telapak tangan yang memerah ini juga kerap memberi petunjuk penyakit lain seperti rheumatoid arthritis dan gangguan tiroid.


  • Tangan gemetar
Semua orang pasti pernah merasakan gemetar di tangan. Wajar ketika dalam kondisi cemas, panik, atau kelelahan memegang beban berat. Menjadi tak wajar jika gemetar muncul tanpa sebab dan sulit terkontrol.

Merasakan tangan gemetar yang tak terkontrol bisa menjadi peringatan awal serangan Parkinson, penyakit yang mempengaruhi sistem saraf seperti gangguan gerak otot-otot tubuh. Jangan tunda berkonsultasi dengan dokter jika Anda mengalami masalah ini.


  • Warna kuku berubah
Kuku yang sehat cenderung memiliki rona merah muda. Jika Anda melihat rona kuku menampilkan semburat kuning kehijauan, waspadai kemungkinan infeksi jamur. Dalam kasus tertentu, perubahan warna kuku semacam ini juga bisa menjadi petunjuk awal penyakit paru-paru.

Sementara adanya noda kecoklatan, seperti tahi lalat di garis kuku dapat menjadi petunjuk penyakit kulit psoriasis. Apapun itu, intinya Anda tidak boleh menunda mengonsultasikan masalah kesehatan ke dokter jika melihat perubahan tak biasa pada kuku.


  • Kuku berbentuk sendok
Kondisi kuku yang sehat umumnya berbentuk sedikit melengkung dengan posisi ujung kuku mengarah ke bawah. Jadi, jika kuku Anda terlihat berlawanan atau cekung ke atas menyerupai sendok, segera konsultasi ke dokter karena mengindikasikan gejala kekurangan zat besi atau anemia.

Kuku yang terkesan rapuh dengan bentuk yang tak wajar juga bisa menjadi pertanda gangguan kesehatan lebih serius seperti kanker paru-paru dan penyakit jantung.


  • Muncul benjolan di jemari
Jika Anda melihat benjolan kecil di dekat perlekatan kuku di jari bisa itu adalah tanda awal osteoarthritis. Benjolan itu mungkin muncul akibat hilangnya ruang sendi sehingga sendi membengkak seolah membentuk tulang baru. Wanita lebih rentan mengalami gangguan keausan sendi tersebut.


  • Kulit tangan kering
Kondisi ini seringkali memberi petunjuk awal adanya gangguan tiroid yang memicu hilangnya kelembaban kulit. Ini juga bisa menandakan terjadinya alergi atau gangguan sensitivitas kulit akibat pemakaian produk kosmetik tertentu.(*)

Sumber: viva.co.id
First

Mohon kalau bisa cantumkan email anda