Membersihkan Pencernaan Secara Alami

Jakarta, Sebagai salah satu sistem yang penting bagi tubuh, organ sistem pencernaan harus selalu dijaga kesehatannya. Salah satunya adalah membersihkannya dengan cara-cara yang alami. Seperti apa saja misalnya?

Menurut Lisa Guy, ahli gizi, untuk menjaga kesehatan optimal sistem pencernaan maka hal yang penting diperhatikan adalah keseimbangan yang sehat dari flora usus atau bakteri baik. Bakteri ini diperlukan tubuh untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat dan menjaga fungsi kekebalan tubuh, seperti dikutip dari Body and Soul, Sabtu (29/3/2014):

Pertumbuhan berlebih dari bakteri jahat (termasuk ragi dan parasit) umumnya disebabkan oleh pola makan yang buruk, stres, penggunaan antibiotik berlebihan, atau konsumsi alkohol yang berlebihan.

Bakteri jahat ini menghasilkan racun yang menyebabkan kerusakan pada lapisan saluran pencernaan. Pada akhirnya kerusakan ini menghambat penyerapan gizi dan melemahkan fungsi kekebalan tubuh. Nah, beberapa asupan alami yang dapat dikonsumsi untuk membantu 'membersihkan' usus dan sistem pencernaan di antaranya:

1. Bawang putih
Asupan ini diketahui mematikan parasit dari usus. Ia memiliki kandungan antibakteri, yang menghambat pertumbuhan jamur dan virus. Bawang putih juga memiliki manfaat tambahan yang membantu meningkatkan perkembangan bakteri baik di dalam usus.

2. Kelapa
Buah ini juga diketahui dapat membantu membunuh parasit dari saluran pencernaan. Minyak kelapa mengandung asam lemak rantai menengah (kaprilat, kaprat, dan asam laurat) yang merupakan kandungan antijamur, bermanfaat untuk mengobati infeksi jamur di organ sistem pencernaan.

3. Lidah buaya
Lidah buaya memiliki racun dan pembersih alami yang membantu usus mempertahankan fungsi pencernaan sehat. Lidah buaya juga memiliki pencahar alami, membuatnya bermanfaat bagi orang yang rentan terhadap sembelit karena mampu menghilangkan racun dan parasit dari usus secara efektif.

4 Serat dan probiotik
Untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, Anda juga dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi serat seperti buah, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Sementara probiotik penting dikonsumsi untuk mengembalikan keseimbangan bakteri baik dalam usus. Probiotik bisa didapat dari yoghurt dan miso.
Ajeng Annastasia Kinanti - detikHealth
Sabtu, 29/03/2014 15:01 WIB
(ajg/vit)

Mohon kalau bisa cantumkan email anda